Konsep Dasar Multimedia
Menurut Hofstetter, multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan menggabungkan teks, grafik, audio dan video dengan menggunakan link dan
alat-alat lainnya yang memungkinkan pemakai untuk mengatur dan berinteraksi,
membuat dan melakukan komunikasi.
Definisi ini berisikan empat
komponen yang penting untuk multimedia. Pertama, harus ada komputer untuk
melakukan koordinasi apa yang dilihat dan didengar, dan yang berinteraksi
dengan pengguna. Kedua harus ada hubungan yang menghubungkan informasi. Ketiga,
harus ada perangkat navigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi
yang terkoneksi melaui web. Yang terakhir, harus ada cara bagi pengguna untuk
mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dengan ide-ide
pengguna. Jika satu dari komponen ini tidak ada atau hilang, maka tidak dapat
disebut sebagai multimedia.
Tujuan Dasar Multimedia
- Meningkatkan efektifitas
penyampaian informasi.
- Mendorong partisipasi,
eksploitasi, dan interaksi pemakai.
- Merancang panca indra, karena
bersifat visual.
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen - Elemen
Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami, membutuhkan elemen - elemen
yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada pengguna multimedia tersebut.
Elemen - elemen tersebut antara lain :
a. Teks
Teks
merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah di mengerti. Selain
itu teks lebih mudah diolah, disimpan, dan tidak banyak memakai memori dalam
sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain
text, rich format text, dan hyper text. Plain
text merupakan jenis teks yang paling dasar, berbentuk kode
ASCII. Rich format text merupakan sekumpulan teks yang telah
diformat. Karena telah diformat, rich format text mampu
menampilkan teks - teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain. Sedangkan hyper text yaitu
teks yang bersifat saling terhubung (linking), dan non linear, contohnya
adalah HTML dan XML.
b. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak
gambar secara cepat, bergantian, dan terus - menerus akan menghasilkan efek -
efek sebuah gambar yang dapat bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bentuk gambar
atau grafik biasa.
c. Grafik
Grafik
sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva,
foto, hasil scanner, maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi maupun tiga
dimensi. Berdasarkan pembentukannya, jenis grafik terbagi menjadi dua macam,
yaitu :
a) Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai sebuah matriks yang merepresentasikan setiap titik atau
pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat bergantung dari resolusi pixel dan
ketajaman warna. Grafik dalamm bentuk ini sangat baik dalam penyimpanan foto
atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar
karena grafik disimpan per pixel.
b) Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk menampilkan
grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangunan dua dimensi
(persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat,
ukuran, ketebalan, dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam
penyimpanannya. Selain itu, apabila diperbesar vektor tidak mengalami perubahan
kehalusan grafik.
d. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar
terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
- Visible image adalah gambar yang
terlihat seperti lukisan, foto, dan lain-lain.
- Non visible image, suatu objek yang bukan gambar
namun dipresentasikan dalam bentuk gambar. Seperti pengukur suhu, pengukur
tekanan, dan lain-lain.
- Abstract image merupakan gambar yang
tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika.
e. Suara
- MIDI (Musical Instrument
Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari
instrumentasi alat musik. Namun jenis format MIDI tidak dapat memainkan
atau merekam bunyi atau suara yang alami seperti suara manusia, suara
tetesan air, dan lain-lain.
- WAVE merupakan jenis format
musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis
suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
f. Video
Video
seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan
dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung juga elemen
multimedia lainnya seperti gambar, suara, dan tulisan. Dibanding dengan elemen
lainnya, video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
a. RGB (Red, Green, Blue)
Warna
RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan
presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti
komputer, televisi, dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di
monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
b. CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key)
CMYK
adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow (kuning), dan warna utamanya black
(hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan
dengan menggunakan empat warna, dan merupakan bagian dari model pewarnaan yang
sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun dapat juga digunakan untuk
menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda - beda dari setiap
tempat pencetakan, operator surat kabar, pabrik surat kabar, dan pihak - pihak
yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya diatur berdasarkan urutan dari
singkatan tersebut.
3.
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di
bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kratif untuk menarik
konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi
lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai
bidang :
a) Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia, dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau
kondisi psien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru - paru melalui
tampilan sebuah monitor. Penggunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek - objek yang
sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung
kee komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia
antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS dan
mengelola persediaan obat - obatan.
b) Bidang Pendidikan:
- Multimedia dapat menampilkan
objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan di pelajari.
- Multimedia dapat menampilkan
objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, sistem tata surya, bentuk
gunung, dataran tinggi, dan lainnya.
- Multimedia dapat menempilkan
animasi dari objek yang bergerak
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan
sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif, kreatif, dan interaktif,
daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan
untuk menarik indra dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,
suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan
menampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu,
multimedia juga digunakan dalam penampilan grafik dan angka perkembangan saham,
jangkauan pemasaran, data rahasia perusahaan, dan informasi mengenai klien
bisnis.
d) Bidang Teknik
Di
bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software
simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek
- objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik
industri, mesin, dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat
menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan
hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang, angka, dan persamaan
matematis.
e) Bidang Ilmu Pengetahuan dan
Penelitian
Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modeling
dan simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat
disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek - objek
tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi, dan
karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi, dan bahkan suara.
f) Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan
efek khusus suara dan gambar dalam film animasi. Multimedia juga dimanfaatkan
pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak
animasi dalam game. Di kehidupan sehari - hari multimedia dimanfaatkan dengan
penggunaan DVD Player dan MP3/MP4 Player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik, dan karaoke. Selain itu, berita - berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
g) Bidang Transportasi dan Komunikasi
Di
bidang transportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi
sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigassi kapal laut bisa ditentukan
koordinat dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan
ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi.
Sementara di darat, jalur kereta serta pergerakan kertea dapat di monitoring
dalam suatu tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan
multimedia dapat mengetahui kondisi jalan, dan posisi di dalam suatu sistem
yang disebut GPS (Global Positioning System). GPS memungkinkan pengguna
untuk melacak posisi kendaraan, armada, ataupun mobil dalam keadaan Real-Time.
GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS
untuk menentukan koordinant sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk
peta digital.
Di
bidang komunikasi multimedia digunakan untuk mempermudah manusia bertukar
informasi. Berbagai macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan
melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat
dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel -ponsel
berbasis android sangat mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
4.
Multimedia dalam Pendidikan
Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran antara lain untuk
menyalurkan pesan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja
proses belajar terjadi, bertujuan, dan terkendali.
a) Manfaat Penggunaan Multimedia
Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat
menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar,
meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang
rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan
efektif. Berikut adalah faktor - faktor keunggulan multimedia sebagai alat
pembelajaran :
- Dapat menampilkan secara visual
baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat
kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion,
molekul, mikro organisme, sel, dan lain sebagainya.
- Dapat menyajikan benda atau
peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti
sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet, dan
lain-lain.
- Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
b) Karakteristik multimedia dalam pembelajaran
- Bersifat interaktif
- Bersifat mandiri
- Memiliki lebih dari satu elemen multimedia yang konvergen
5.
Multimedia untuk Aplikasi Umum
a) Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi periklanan, pemasaran, presentasi,
demo produk, database, dan komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis
tetap dapat melakukan diskusi dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video
conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada di dalam
suatu tempat yang sama.
Dengan multimedia, guru dapat menggunakan tutorial yang berisi gambar, video,
animasi dan wacana untuk memberikan materi kepada siswa. Dengan cara seperti
ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik
dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton. Selain
itu ada juga fasilitas simulasi dan e-learning yang dapat
membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal - hal yang sulit.
Di
rumah banyak media elektronik yang dapat menyuguhkan elemen - elemen multimedia
antara lain televisi, DVD Player, VCD Player, video game, dan komputer.
Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang positif yaitu untuk
media pembelajaran serta media pemersatu keluarga.
Melalui internet dan fasilitas multimedia, masyarakat akan dengan mudah
menemukan informasi suatu tempat umum baik secara letak, kondisi jalan, dan
kondisi cuaca. Selain itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios
informasi seperti yang terdapat pada hotel - hotel, pusat perbelanjaan, museum,
pusat hiburan, dan lain sebagainya. Aplikasi - aplikasi tersebut dapa berguna
untuk memberikan informasi - informasi dan bantuan mengenai tempat yang
bersangkutan.
Jadi, internet based adalah suatu sistem atau proses yang
menghubungkan pengguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronus maupun asynchronous berbasis
teknologi informasi dengan antar web.
b) Pendidikan
c) Rumah
d) Tempat Umum
6. Internet Based
Internet memiliki sejarah yang panjang dari awal ditemukannya sampai saat ini.
Sejak ditemukan sekitar tahun 1969, internet mengalami banyak pengembangan dan
perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat ini. Internet juga memiliki suatu
sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya
yang masing - masing terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi baik
secara synchronous maupun asynchronous.
Synchronous adalah
suatu sistem dimana interaksi antara komponen - komponen yang saling
berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan atau real time.
Sedangkan asynchronous adalah proses interaksi yang terjadi
dalam waktu yang bersamaan.
Referensi :

0 Responses so far.
Posting Komentar